Membuat Lampu Hemat Tanpa Listrik Dari Botol Plastik

June052013
Tertarik liat tayangan di NET. Tv tentang lampu hemat energi tanpa listrik, akhirnya saya mencari di internet dan ketemu dengan artikelnya.
Cara ini sangat cocok di perumahan padat yang terkesan gelap pada siang hari.
Lampu botol plastik ini menghasilkan terang setara lampu neon 50W, tentu sangat akan membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam menghemat keuangannya.
lampu-tenaga-surya-botol-plastik.jpg
Bagaimana cara membuat lampunya?
Pertama-tama anda siapkan bahan-bahannya, yaitu:
  1. Botol PET bekas air mineral

  2. Plat logam yang biasanya digunakan untuk atap (biasa disebut "seng")
  3. Lem silikon atau lem yang tahan panas dan cuaca
  4. Bleach atau bahan yang digunakan untuk pemutih pakaian (biasanya merk bayclin atau sejenisnya)
  5. Air murni atau air mineral


Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:

- Potong plat yang sudah anda siapkan tadi sekitar 9 x 10 inchi dengan gunting khusus untuk logam.
Bahan ini bisa dengan mudah anda dapatkan di toko material.
Alangkah lebih baik jika anda menggunakan plat bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Jangan pernah memotong plat logam dengan kunting kertas, karena akan merusak gunting itu sendiri.

Buatlah 2 buah gambar lingkaran dengan perbedaan besar lingkaran sekitar 1-2cm. Ukuran lingkaran dalam kira- kira seukuran dengan diameter botol yang akan digunakan, karena nantinya botol akan dimasukkan ke lubang itu.
2.jpg
Potong lingkaran pada sisi dalam. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar.
3.jpg
Setelah lingkaran bagian dalam terpotong, buatlah potongan-potongan keluar dengan jarak antar potongan sekitar 1cm. Dengan catatan tidak boleh melebihi garis terluar. Amplas botol bekas air minum yang sudah anda siapkan.
Jangan lupa untuk melepas labelnya. Alasan botol diamplas adalah agar mempermudah proses penempelan.
4.jpg
Masukan botol yang sudah diamplas tadi ke dalam lubang plat yang sudah anda siapkan dengan perbandingan 1/3 ukuran botol untuk sisi yang ada tutupnya (sisi bawah botol lebih masuk).
5b.jpg
Kemudian oleskan lem dikitar lubang. Oleskan pada dua sisinya agar kualitas daya rekatnya bagus dan terhindar dari kebocoran.6.jpg
7b.jpg Setelah lem kering, langkah selanjutnya adalah isi botol dengan air mineral hingga hampir penuh kemudian tuangkan sekitar satu tutup botol bleach ke dalamnya.

Lampu botol anda sudah siap digunakan.

Sekarang tinggal proses instalasinya.

Untuk proses instalasinya fleksibel dan menurut kebutuhan dan kondisi ditempat anda.
Yang harus anda lakukan secara garis besar adalah membuat lubang seukuran botol juga di bagian atap yang ingin dipasangi lampu ini.
Tempatkan perangkat lampu botol anda diatas atap berlubang tadi. Kemudian gunakan paku atau baut untuk mengencangkan sisi-sisi plat lampu botol dengan bagian atap anda.

Langkah selanjutnya adalah memberi lem disekitar sambungan tadi, agar saat hujan turun air tidak masuk kesela-sela lubang atap anda.
Pastikan semua tertutup rapat dengan lem.

Langkah terakhir adalah memberi lem pada tutup botol.
13.jpg
Demikianlah penerapan teknologi sederhana ramah lingkungan yang sudah menerangi jutaaan manusia. Sekarang giliran anda berbagi dengan orang-orang di sekitar anda supaya mereka mendapat penerangan juga tanpa harus memasang lampu dan menyalakan listrik di siang hari. Kita bisa lebih berhemat dan mengurangi emisi CO2

sumber: http://lembagaenergihijau.blogspot.com/2011/12/lampu-botol-tenaga-surya-untuk.html
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

40 tanggapan untuk "Membuat Lampu Hemat Tanpa Listrik Dari Botol Plastik"

Agus Hambali pada 18:26, 05-Jun-13

Trik lagi nih... mantap deh sob biggrin

Visit: http://agushambali.mywapblog.com/

Rudyn pada 18:37, 05-Jun-13

mantap gan

Cah Sialang pada 19:00, 05-Jun-13

Komplit dan detail pnjelasanya..tp yg jd prtanyaan kalo utk malam hari bisa ga ya masbro...? Kayaknya nyalanya jga mbutuhkan bantuan sinar matahari..?

Teguh Gamers pada 20:27, 05-Jun-13

Pengen coba tapi bahanya itu yang sulit

TWIBOYS BLOG INFORMERS pada 20:48, 05-Jun-13

oh, cara tersebut memanfaatkan pantulan sinar matahari dari seng ya bosbiggrin?

http://twiboy.ngetik.info/cherrybelle-diam-diam-suka-minus-one.xhtml

ipuy thea pada 21:40, 05-Jun-13

bleach pa sobquestion

Erieque pada 22:09, 05-Jun-13

@cah sialang: khusus siang hari bro. Lumayan buat kamar yg ga ada jendela.
@ipuy: bleach itu pemutih. Bayclin itu lho

Arietoyozy pada 23:07, 05-Jun-13

wow kreatif sekali

Tora Prima pada 01:10, 06-Jun-13

weleh..3x sangat-sangat bermanfaat & bener-kreatif...ijin save shob ...

Luchifer pada 01:47, 06-Jun-13

wew,Ally mantep triknya nih...cheesy-grin

arrow http://twinsiweds.heck.in/download-game-zuma-untuk-java.xhtml

hamdi pada 04:50, 06-Jun-13

Wow kreatif sekali mantab

Valentino Rossid pada 06:24, 06-Jun-13

wahh.... Pas bgt nih. Ane praktekin gan....

nurfaizin pada 08:10, 06-Jun-13

mari kita hemat energi dengan daur ulang

ardessky pada 08:16, 06-Jun-13

keren infonya s0b

Mels Salawasna pada 13:21, 06-Jun-13

Kraen ane, td bz bwt mlm hr jg... Jd pnsan pgn nyoba.

Hamdan pada 18:41, 06-Jun-13

mantep sob artikel anda sangat berguna

Enda Shyboy pada 05:41, 07-Jun-13

wah perlu di coba nihhh...<br />
Thankss gan:..

andi pada 10:58, 07-Jun-13

oo... jdi di pasang di atap ya ?
<br/>

priyan pada 18:35, 07-Jun-13

unik tuh, penghematan listrik. Hehehe

Hudin pada 19:27, 07-Jun-13

Wah, inovasi nih.
Ngomg2 ada gak ya yg bz brfgsi waktu malam.
biggrin
oy, ijin save dulu.

Salam Sukses

Aghoz Mario Kho pada 03:04, 08-Jun-13

Lumayan neh jadi nambah ilmu.. Oya mau tanya, baiknya pakai lem apa yang cocoknya? Kalo bs sebutkan merk biar mudah mencarinya. Mksh.

Mediana Saputra pada 08:07, 08-Jun-13

kreatif banget sob..

Djemz Uteun Bayi pada 18:26, 08-Jun-13

wow.
Sngat keren ini smile

Fajar Sidik Romadhon pada 07:01, 09-Jun-13

rumah ane pake genteng mas, gimana ya cara naruhnya?

Puji Darmanto pada 11:09, 09-Jun-13

Kunjungan siang kang biggrin
Sangat bermanfaat

http://pujisidayu.heck.in

agusfacebooy pada 13:04, 09-Jun-13

buwat malam hari bisa sobb

aa wonk pada 13:57, 09-Jun-13

bermanfaat banget

MURIM pada 20:53, 09-Jun-13

wah2,keren2..

murim.mywapblog.com

ahmad ali imron pada 08:04, 10-Jun-13

terbaik.

FARID pada 10:37, 10-Jun-13

Salut bro, benar-benar irit listrik..... dan ramah lingkungan

Ijolumutz pada 18:31, 10-Jun-13

Kalo pake air aqua bisa gk y Gan? smile

Muhammad Aminnudin pada 22:37, 10-Jun-13

sangat bermanfaat kang.. Apa lagi bgi daerah perkotaan biar lebih ramah lingkungan..

http://aminnudin.mywapblog.com/

―•۰αъъΐє۰•― pada 00:41, 11-Jun-13

pake lem dari sterofoam yg dcelupin d bensin bisa kayanya

Togog Marogog pada 08:54, 11-Jun-13

Patut mencoba nih..

ari wibowo pada 14:39, 11-Jun-13

Keren. Mantap bener pokok nya.

Muhammad pada 13:57, 12-Jun-13

mantap,tetap smgt dan smg sukses

Anonymous Blog pada 15:19, 12-Jun-13

Bisa dicoba nih..smile

Bagus Arinata ᓩ pada 18:53, 12-Jun-13

Isi kolom absen aja deh bro biggrin

Ditunggu kunjungan baliknya bro smile

jamal pada 22:58, 15-Jun-13

berapa hari kekuatan nyala lampunya

stazer ikhsan pada 17:18, 08-Sep-14

mantab dah q lagi nyoba min!

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar


 
Kembali ke Atas